Yahoo!
Inc. adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di
Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal
webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail,
Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan
periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya.
Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat. Yahoo!
pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman
buku), ide itu berawal pada bulan April1994, saat itu dua orang
alumni Universitas Stanford mendapat liburan
ketika profesor mereka pergi ke
luar kota karena cuti besar. Pada bulan April 1994
tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and
David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal
dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang
memilih kata tersebut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata
tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh
Jonathan Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-,
dan uncouth –kasar-). Domain yahoo.com dibuat pada
tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang
dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995,
Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.
Produk
dan Layanan Yahoo
·
Mode pencarian
Yahoo
memiliki sejumlah layanan mode pencarian, antara lain Yahoo! Image, Yahoo!
Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, dan Yahoo! Shopping Search.
· Komunikasi
Yahoo
menyediakan layanan internet dalam bidang komunikasi, antara
lain Yahoo! Messenger dan Yahoo! Mail. Selain itu, Yahoo juga
menawarkan layanan jejaring sosial dan user-generated content seperti
My Web, Yahoo! Personals, Yahoo! 360°, Delicious, Flickr, dan Yahoo!
Buzz.
· Konten
Yahoo!
bekerja sama dengan banyak penyedia konten dalam produk seperti Yahoo! Sports,
Yahoo! Finance, Yahoo! Music, Yahoo! Movies, Yahoo! News, Yahoo! Answers dan
Yahoo! Games untuk menyediakan konten media dan berita. Yahoo juga menyediakan
layanan personalisasi, My Yahoo!, yang mana memungkinkan pengguna untuk
menggabungkan fitur Yahoo! favorit mereka, isi konten dan informasi ke dalam
satu halaman. Pada tangal 31 Maret 2008, Yahoo meluncurkan Shine, sebuah situs
yang dirancang untuk wanita usia 25 sampai 54 tahun untuk mereka mencari
informasi dan saran secara online.
· Mobile
Yahoo!
Mobile menawarkan layanan on-the-go messaging, seperti email, instant
messaging, dan mobile blogging; layanan informasi, pencarian dan
pengingat, hiburan, nada dering, dan Yahoo! Foto
untuk ponsel berkamera. Yahoo juga memperkenalkan sistem
pencarian, yang disebut oneSearch pada tanggal 20 Maret 2007, yang dikembangkan
khusus untuk ponsel. Yahoo menyatakan bahwa layanannya ini berbeda dari
pencarian Web biasa, karena menyajikan daftar informasi aktual, yang
mencakup: headline berita, gambar dari situs foto Yahoo! Flickr, daftar
bisnis, cuaca lokal dan link-link ke situs lainnya. Untuk memulai penggunaan
layanan ini. Yahoo oneSearch memerlukan kode pos atau nama kota
di mana pengguna berada agar bisa memberikan hasil pencarian lokal. Hasil
pencarian tercantum pada halaman tunggal dan disusun berdasarkan prioritas ke
dalam kategori-kategori. Daftar hasil didasarkan pada hasil perhitungan Yahoo
atas informasi tertentu yang dicari oleh pengguna. Untuk layanan oneSearch ini,
Yahoo menggunakan layanan mobile content transcoding Navarra.
· Perdagangan
Yahoo!
menawarkan layanan perdagangan seperti Yahoo! Shopping, Yahoo! Autos, Yahoo!
Real Estates, dan Yahoo! Travel, yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan
informasi yang relevan dan melakukan transaksi komersial dan pembelian online.
Selain itu, Yahoo juga menawarkan e-commerceplatform yang disebut Yahoo
Merchant Solutions (juga dikenal dengan Yahoo! Store). Yahoo! Auctions sendiri
telah dihentikan pada tahun 2007, kecuali untuk bagian Asia.
· Usaha Kecil
Yahoo
menyediakan layanan seperti Yahoo! Domain, Yahoo! Web Hosting, Yahoo! Merchant
Solutions, Yahoo! Business Email, dan Yahoo! Store untuk pemilik usaha kecil
dan profesional yang memungkinkan mereka untuk membangun sendiri toko online
dengan perangkat yang dimiliki oleh Yahoo. Yahoo juga menawarkan HotJobs untuk
membantu pencari tenaga kerja untuk menemukan tenaga kerja yang mereka cari.
· Link Bisnis / Periklanan
Yahoo!
Search Marketing menyediakan layanan seperti Sponsored Search, Local
Advertising, dan Product/Travel/Directory Submit untuk para pebisnis
mengiklankan produk dan jasa mereka
di jaringan Link Bisnis Yahoo!. Yahoo! Publisher Network merupakan
sebuah alat link bisnis untuk penerbit onlineuntuk menempatkan Link
Bisnis yang relevan dengan konten mereka untuk
membuat situs Web mereka.
· Yahoo! Next
Yahoo!
Next merupakan inkubasi dasar dari masa
depan teknologi Yahoo yang mana kini sedang dalam tahap
pengujian beta. Yahoo! Next berisi forum pengguna Yahoo di mana pengguna
Yahoo dapat memberikan umpan balik untuk membantu pengembangan teknologi masa
depan Yahoo. Yahoo! Next ini diciptakan oleh Jerry Page dan David Shin.
· Yahoo! BOSS
Yahoo!
Search BOSS adalah layanan yang memungkinkan pengembang untuk
membangun aplikasi pencarian berdasarkan teknologi pencarian
Yahoo. Mitra awal dalam program ini adalah Hakia, Me.dium, Delver, Daylife, dan
Yebol.
· Yahoo! Meme
Yahoo!
Meme merupakan layanan sosial beta, mirip dengan jejaring
sosial populer Twitter dan Jaiku.
· Yahoo! Koprol
Yahoo! Koprol merupakan jejaring
sosial Indonesia berdasarkan lokasi seperti
pada GPS tanpa adanya alat GPS.
· Yahoo ! Answer
Yahoo !
answer merupakan ajang tempat orang saling bertanya mengenai topik
apa saja dan mendapatkan jawaban dengan cara
berbagi fakta, pendapat dan pengalaman pribadi.
Puncak
Kesuksesan
Enam
tahun dari berdirinya Yahoo atau tepatnya pada tanggal 3 januari pada tahun
2000, dalam sejarah Yahoo memegang rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah.
Harga per
lembar pada saat itu diantaranya yaitu 475 dollar amerika per lembarnya. Itu
adalah jumlah yang sangat besar, sehingga setiap perusahaan besar pun ingin
memiliki sahamnya tersebut.
Di
Akuisisi Verizon
Kebingungan dan krisis identitas Yahoo dimanfaatkan Google yang
sangat fokus dan kemudian jadi tujuan pertama ketika orang ingin menemukan
sesuatu. Sedangkan Yahoo sukar memutuskan sebenarnya mereka mau menjadi apa,
apakah perusahaan media atau perusahaan teknologi?
"Dari
perspektif kami, kami adalah perusahaan media. Waktu itu, tidak ada kemungkinan
besar bahwa kami akan mengalahkan Google dalam hal pencarian," sebut Dan
Rosensweig, mantan Chief Operating Officer Yahoo.
Pada
awalnya, fokus Yahoo sebagai perusahaan media memang sukses. Namun masa-masa
nyaman itu tak berlangsung lama.
Akuisisi
operator seluler Verizon atas Yahoo resmi rampung,
tepatnya pada Selasa (13/6/2017) kemarin waktu AS, menyusul persetujuan dari
para pemenang saham. Dengan rampungnya akuisisi bernilai 4,5 miliar dollar AS
atau hampir Rp 60 triliun itu, aneka properti Yahoo, seperti Sports dan
Finance, akan menjadi bagian dari unit baru bernama Oath di Verizon.
Sementara
itu, usai sebagian propertinya dibeli Verizon, yang tersisa dari Yahoo adalah
aset berupa kepemilikan 15 persen di Alibaba Group Holding Ltd, 36 persen di
Yahoo Japan Corp, uang tunai, sejumlah investasi minor, dan Excalibur IP yang
memiliki paten. Aset-aset Yahoo ini dinamai ulang sebagai Altaba Inc yang
dipimpin oleh Thomas McInerney sebagai CEO. Bos Yahoo sebelumnya, Marissa Mayer,
turun dari jabatan.
Source:
0 komentar:
Posting Komentar